PURWOREJO – Loka Wisata Sikepel menjadi tuan rumah pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Palang Merah Remaja SMK Kesehatan Purworejo pada Sabtu (28/9). Bertemakan “Menumbuhkan Jiwa Relawan Muda Palang Merah Yang Berkarakter,” pelatihan merupakan program untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dalam diri seorang relawan muda yang berkarakter.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu hingga Minggu sore (29/9) di Loka Wisata Sikepel, Desa Jati, Kecamatan Bener, diikuti oleh 25 siswi dan diisi dengan materi kepemimpinan oleh Nuryadin Kepala Sekolah SMK Kesehatan Purworejo, kemudian dilanjutkan materi dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purworejo, dengan acara inti yaitu Bakti Sosial Pengobatan Gratis bagi masyarakat sekitar.

“Kita melaksanakan LDK PMR SMK Kesehatan Purworejo dengan mengusung tema besar Menumbuhkan Jiwa Relawan Muda Yang Berkarakter. Diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah sekaligus materi dengan tema kepemimpinan. Untuk hari kedua diawali dengan materi dari PMI Kabupaten Purworejo dan dilanjutkan dengan outbound dan pada akhir acara dilaksanakan bakti sosial bekerjasama dengan Yonif 412 Purworejo yang acara nanti adalah pengobatan gratis bagi warga-warga sekitar,” jelas Fahdilla Pembina LDK PMR SMK Kesehatan Purworejo.

Para peserta juga berlatih bersama dengan PMI Kabupaten Purworejo untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memerikan pertolongan pertama dalam keadaan darurat. Sebab banyak dari masyarakat masih awam terhadap pertolongan dalam keadaan darurat medis. Oleh karena itu, pertolongan darurat medis ini menjadi upaya pertolongan pertama agar tidak terjadinya keterlambatan bantuan medis untuk korban.

“Kenapa kedaruratan medis? Sebab masih banyak masyarakitan kita yang masih awam bagaimana pertolongan terhadap kasus-kasus medis secara darurat. Seumpamanya, bagaimana itu kondisi pingsan, mereka harus diapakan, kemudian seumpamanya juga terkena atau tergigit binatang buas atau yang beracun. Jadi kedaruratan medis ini merupakan tindakan seseorang entah itu medis atau non medis untuk memberikan pertolongan sebelum dibawa ke rumah sakit,” Haryo Setyoko Kasi Yansoskesmas PMI Kabupaten Purworejo.

                               Pelatihan Kedaruratan Medis bersama PMI Kabupaten Purworejo

Bakti Sosial berupa Pengobatan Gratis bagi warga sekitar Loka Wisata Sikepel, SMK Kesehatan bekerjasama dengan Yonif 412 Purworejo dalam bentuk memperingati HUT TNI ke-74. Pengobatan gratis ini dihadiri oleh para warga sekitar karena sangat bermanfaat dan tidak perlu untuk jauh-jauh pergi ke puskesmas untuk berobat.

“Untuk Yonif 412 sendiri, kebetulan kami home base di Purworejo, dan area latihan kami di daerah sini juga. Kebetulan kemarin dari sekoloah ada acara disini, kami bersinergi dengan SMK Kesehatan Purworejo untuk bakti kami kepada masyarakat disekitaran lokasi Sikepel ini di kecamatan Bener ini,” terang dr. Riyo Putra Yonif 412 Purworejo.

Pemangku Resor Loano BKPH Purworejo, Gunanto, menjelaskan bahwa adanya kegiatan LDK PMR  dan Bakti Sosial ini sebagai ajang promosi untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Sikepel, serta masyarakat desa hutan disini yang sebagian berprofesi sebagai penyadap getah pinus mereka bisa berobat gratis tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke rumah sakit atau puskesmas untuk berobat.

LDK PMR ini tentu saja tidak hanya menguntungkan bagi para pesertanya akan tetapi juga membawa keuntungan bagi masyarakat desa Jati. Selain melatih diri untuk menjadi seorang relawan muda yang berkarakter, para peserta juga terlatih bagaimana cara untuk saling peduli terhadap kesehatan dalam hidup bermasyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada SMK Kesehatan Purworejo dan juga dari 412 ini, bahwa bakti sosial ini sangat menguntungkan bermanfaat bagi masyarakat desa Jati dan sekitarnya. Desa jati ini salah satu endemik malaria, untuk itu dengan ini masyrakat dapat berobat gratis disini dan sangat bermanfaat bagi mereka,” tambah Sipyono Kepala Pengelola Loka Wisata Sikepel. (Har)