Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Hedonisme berasal dari bahasa Yunani (Hedone) yang berarti kesenangan. Pencetus paham ini adalah Aristipos dan Epikuros, mereka melihat manusia melakukan aktifitas pasti untuk mencari kesenangan dalam hidup. Hedonisme sendiri terbagi menjadi 2 aliran. Ada yang menekankan pada kesenangan badan atau jasad seperti makan, minum dll, adapula yang menekankan pada kesenangan rohani seperti bebas dari rasa takut, bahagia, tenang batin dll, tetapi harus ada pengendalian diri pada saat melaksanakan pola hidup hedonisme.

Sebenarnya tidak sepenuhnya benar bahwa manusia hidup hanya untuk kesenangan, karena hal tersebut tidak berlaku untuk semua manusia contoh nyata saja ada pada orang tua kita yang bekerja membanting tulang mencari uang, tetapi setelah dapat uang itu akan diberikan pada kita hehehe 😀 termasuk kita …………. Hedonisme cenderung tidak menghiraukan larangan agama atau tata susila dan kebanyakan melanda para generasi muda atau ABG.

Arus globalisasi turut serta mendukung maraknya budaya hedonisme yang berkembang pesat dilingkungan masyarakat Indonesia. Perkembangan paling pesat terlihat dari kalangan mahasiswa, yang diposisikan sebagai golongan intelektual muda. Hal tersebut yang menyebabkan terkikisnya budaya asli Indonesia dari waktu ke waktu. Sesungguhnya keinginan untuk hidup senang dan mewah adalah sebagian dari naluri semua manusia, tetapi hal tersebut tidak boleh dibiarkan membudaya dalam masyarakat karena hal itu akan banyak menimbulkan dampak negatif.

Sebenarnya kita boleh gaul tapi jangan over, senang-senang juga tidak dilarang apalagi bagi para pemuda pemudi tapi kesenangan itu jangan dilakukan setiap saat. Hedonisme rawan menimbulkan sifat individualisme karena manusia cenderung akan bekerja keras untuk memenuhi kesenangannya tanpa mempedulikan orang lain di sekitarnya.

Banyak sekali dampak negatif yang tibul akibat hedonisme antara lain :

  • Hedonisme membuat orang lupa akan tanggungjawabnya karena apa yang dia lakukan semata-mata untuk mencari kesenangan diri. Jika hal-hal tersebut mampu menggeser budaya bangsa Indonesia maka sedikit demi sedikit Indonesia akan kehilangan jati diri yang sesungguhnya.
  • Manusia akan memprioritaskan kesenangan diri sendiri dibanding memikirkan orang lain, sehingga menyebabkan hilangnya rasa persaudaraa, cinta kasih dan kesetiakawanan sosial.
  • Sikap egoisme akan semakin membudaya, inilah bukti hedonisme yang menjadi impian kebanyakan anak muda.
  • Semakin berkembangnya sistem kapitalis-sekuler karena sistem inilah yang menyebabkan hedonisme berkembang secara pesat.
  • Merusak suatu sistem nilai kehidupan yang ada dalam masyarakat sekarang, mulai sistem sosial, politik, ekonomi, hukum, pendidikan sampai sistem pemerintahan.
  • Meningkatnya angka kriminalitas. Tindak kriminal yang akhir-akhir ini marak terjadi kebanyakan dilatar belakangi oleh sifat hedonisme manusia semata.

Wisata-Bandung-Alternatif-di-Mall-Citra-Land